Jumat, 26 Agustus 2011

Xylocarpus granatum




Gambaran umum: Xylocarpus granatum memiliki akar penyangga dan akar papan yang berbentuk seperti pita, daun-daunnya membentuk kumpulan daun (4 daun muda), pohonnya dapat mencapai ketinggian hingga 12 m, bunganya kecil dan membentuk kelompok 8-20. Buahnya sangat besar, keras dan berbentuk bulat seperti bola meriam (hingga 25 cm).

Pengumpulan benih: Buah yang matang berwarna kuning kecoklatan, seringkali sudah terbelah ketika tengah berada di pohon, benih yang jatuh memiliki permukaan yang berwarna kekuningan berbintik abu-abu, akar tampak dengan jelas.

Penyimpanan benih: Dalam tempat yang teduh, dan dalam kondisi lembab selama maksimum 5 hari.

Tehnik Penyebaran Benih dan Penanaman: Rendamlah buah dalam air payau selama, benih yang dapat bertahan hidup akan mengambang, pilihlah yang memiliki berat minimum 30g. Tebarkan benih pada tanah yang mengandung campuran lumpur dan pasir. Masukkan benih dengan benih akar menghadap ke bawah dalam kantong plastik berukuran sedang

Penutupan: kurangi sinar matahari sebanyak 30%, bukalah penutup ini 1 bulan sebelum proses penanaman dilakukan.

Penyiraman: jika memungkinkan aliran pasang alami, tetapi ditambah pula dengan penyiraman air guna menjaga kelembaban tanah sepanjang waktu.

Siap untuk ditanam: jika tinggi tanaman bibit telah mencapai lebih dari 20 cm, dan memiliki lebih dari dua pasang daun, pada umumnya berusia 3-4 bulan.

Letak pada garis pantai: lebih menyukai daerah yang letaknya agak tinggi dimana terdapat air tawar dan tingkat kadar garam yang rendah. Dapat bertoleransi pada situasi yang tertutup.

Jarak penanaman: 2 m x 3 m atau 4 m x 4 m dalam pola penanaman campuran.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More