Jumat, 26 Agustus 2011

Heritiera littoralis




Gambaran umum: Heritiera littoralis memiliki akar penyangga yang kuat, memiliki daun yang sederhana, pohon dapat mencapai ketinggian 25 m, memiliki bunga yang sangat kecil dengan kumpulan dahan yang saling terlepas. Buah berwarna hijau hingga kecoklatan, bertekstur lembut, dengan sisi yang lebih tinggi dan memiliki panjang 5-7 cm.

Pengumpulan benih: Buah yang matang berubah warna dari hijau kekuningan menjadi coklat tua, seringkali sudah terbelah ketika tengah berada di pohon, buah yang jatuh memiliki akar benih yang tampak jelas, Memproduksi buah besar yang mengandung benih tunggal. Sesudah direndam dalam air payau hingga 5 hari, maka benih akan bertunas. Penyimpanan benih: Dalam tempat yang teduh, dan dalam kondisi lembab selama maksimum 5 hari.

Teknik Penyebaran Benih dan Penanaman: Tebarkan benih pada tanah yang mengandung campuran lumpur/pasir (tingkat kadar garam yang rendah atau segar). Masukkan benih ke dalam tanah dengan benih akar ke arah bawah dalam kantong plastik berukuran sedang.

Penutupan: kurangi sinar matahari sebanyak 30%, bukalah penutup ini 1 bulan sebelum proses penanaman dilakukan.

Penyiraman: disirami (kadar garam yang rendah) guna menjaga kelembaban dari tanah sepanjang waktu.

Siap untuk ditanam: jika tinggi tanaman bibit telah mencapai lebih dari 30 cm, dan memiliki lebih dari tiga pasang daun, pada umumnya berusia 4-6 bulan.

Letak pada garis pantai: lebih menyukai daerah yang letaknya agak tinggi yang berhadapan dengan hutan pesisir pantai dimana terdapat pasokan air tawar yang melimpah dan tingkat kadar garam yang rendah. Dapat bertoleransi pada situasi yang tertutup.

Jarak penanaman: 2 m x 3 m atau 4 m x 4 m dalam pola penanaman campuran.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More