Jumat, 26 Agustus 2011

Sonneratia alba




Gambaran umum: Sonneratia alba memiliki beberapa bentuk pneumatophores yang tebal, bentuk ujung daun yang bulat, dengan ketinggian pohon mencapai 20 m, bentuk bunga yang besar dan berwarna putih serta membentuk kelompok 1-2. Bentuk buah besar dan berwarna hijau yang ditutupi oleh penutup berbentuk seperti calyx di bagian dasar dan memiliki diameter 3.5-4.5 cm.

Pengumpulan benih: Buah akan berubah warna dari hijau muda ke hijau tua, kumpulkan buah yang jatuh dari bawah pohon.

Penyimpanan benih: Dalam tempat yang teduh, dan dalam kondisi lembab selama maksimum 5 hari.

Teknik Penyebaran Benih dan Penanaman: rendamlah buah dalam air payau selama 1-2 jam guna memisahkan benih dari cangkangnya – kemudian benih ini akan mengambang dan bentuknya tidak teratur. Tebarkan benih pada tanah yang mengandung campuran lumpur sebesar 70% dan pupuk dari kotoran sapi sebesar 30%. Benih ini kemudian dimasukkan separuh panjangnya masing-masing berjumlah 2 buah ke dalam kantong plastik berukuran kecil hingga sedang.

Penutupan: dapat tumbuh dibawah pengaruh sinar matahari langsung.

Pengairan: jika memungkinkan aliran pasang alami, tetapi ditambah pula dengan penyiraman air guna menjaga kelembaban tanah sepanjang waktu.

Siap untuk ditanam: jika tinggi tanaman bibit telah mencapai lebih dari 15 cm, dan memiliki lebih dari tiga pasang daun, pada umumnya berusia 5-6 bulan

Letak pada garis pantai: lebih menyukai tumbuh di ruang terbuka, toleran terhadap kandungan garam, dan pada umumnya dapat ditemukan pada lokasi yang terkena rata-rata terpaan gelombang air pasang, atau di saluran air yang besar dan dalam teluk yang teduh.

Jarak penanaman: 2 m x 3 m or 3 m x 3 m adalah yang terbaik bagi pohon besar yang tersebar ini.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More