Jumat, 26 Agustus 2011

Avicennia marina




Gambaran Umum: Avicennia marina memiliki bentuk pneumatophores seperti pinsil, bentuk ujung daun yang bervariasi, dengan ketinggian pohon mencapai 20 m, bentuk bunga yang kecil dan membentuk kelompok 8-14. Bentuk buah seperti almond, terkadang memiliki ujung berbentuk seperti piala pendek dengan panjang 1.5-2.5 cm.

Pengumpulan benih: Ketika kulit buah berubah dari warna hijau ke kuning muda dan menjadi berkerut.

Penyimpanan benih: Dalam tempat yang teduh, dan dalam kondisi lembab selama maksimum 10 hari.

Teknik Penyebaran Benih dan Penanaman Dalam Pot: rendam buah dalam air tawar selama 1 hari untuk menghilangkan tempat benih. Sebarkan benih pada tanah yang mengandung campuran lumpur dan pasir serta mengandung kadar garam. Benih dapat tumbuh di tanah hingga tumbuh akarnya untuk kemudian dipindahkan ke kantong plastik berukuran kecil hingga sedang. Benih sebaiknya ditanam sedalam 1/3 tanah dengan bagian ujungnya menghadap kebawah.

Penutupan: dapat tumbuh dibawah sinar matahari penuh.

Pengairan: jika memungkinkan aliran pasang alami, tetapi ditambah pula dengan penyiraman air guna menjaga kelembaban tanah sepanjang waktu.

Siap untuk ditanam: jika tinggi tanaman bibit telah mencapai lebih dari 30 cm, dan memiliki lebih dari dua pasang daun, pada umumnya berusia 3-4 bulan.

Letak pada garis pantai: dapat tumbuh pada semua tingkatan lokasi di sepanjang pesisir, tetapi lebih menyukai di ruang terbuka dengan sinar matahari penuh, dan sangat toleran terhadap kandungan garam yang tinggi dalam tanah, merupakan tanaman pelopor.

Jarak penanaman: 2 m x 3 m adalah yang terbaik.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More