Jumat, 26 Agustus 2011

Ceriops tagal








Gambaran Umum: Ceriops tagal memiliki akar penyangga dan terkadang akar setinggi lutut, ujung daunnya berbentuk bulat, dengan ketinggian pohon dapat mencapai 6 m, bunga yang ada membentuk kelompok 5-10. Benihnya tipis, berwarna hijau kecoklatan dengan panjang 25.

Pengumpulan benih: Ketika benih yang ada telah matang dan siap untuk dipetik dari pohon, panjangnya akan berkisar pada 25 cm, yang ditandai dengan batangnya yang berwarna kuning.

Penyimpanan benih: Dalam tempat yang teduh, dan dalam kondisi lembab selama maksimum 10 hari.

Teknik Penyebaran Benih dan Penanaman Dalam Pot: Tanah yang digunakan sebaiknya adalah campuran tanah yang mengandung lumpur/pasir/tanah liat dan mengandung kadar garam. Benih haruslah ditanam sedalam 5 cm. Kantong plastik yang digunakan sebaiknya berukuran sedang.

Penutupan: dapat tumbuh dibawah sinar matahari penuh.

Pengairan: jika memungkinkan aliran pasang alami, tetapi ditambah pula dengan penyiraman air guna menjaga kelembaban tanah sepanjang waktu.

Siap untuk ditanam: jika tinggi tanaman bibit telah mencapai lebih dari 30 cm, dan memiliki lebih dari dua pasang daun, pada umumnya berusia 4-5 bulan.

Letak pada Garis Pantai: terletak pada lokasi yang lebih tinggi dari garis pantai, di sekitar lokasi yang mendapatkan terpaan gelombang pasang, biasanya pada tanah yang mengandung kadar garam.

Jarak penanaman: 1 m x 1 m or 1 m x 2 m adalah yang terbaik karena mereka pada umumnya mereka memiliki ketebalan yang rapat.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More