Jumat, 26 Agustus 2011

Rhizophora apiculata



Gambaran umum: Rhizophora apiculata adalah tumbuhan mangrove yang memiliki akar tegak seperti R. mucronata. Daunnya memiliki ujung yang tajam, pohonnya mampu mencapai tinggi 15 m, bunganya membentuk kelompok dua buah.

Pengumpulan benih: Ketika benih yang ada telah matang dan siap untuk dipetik dari pohon, maka batang berwarna merah yang telah siap dipotong akan tampak dengan jelas – pada tahap ini panjang
hipokotil pada umumnya akan mencapai lebih dari 20 cm.

Penyimpanan benih: Dalam tempat yang teduh, dan dalam kondisi lembab – maksimum selama 5 hari.

Teknik Penyebaran Benh dan Penanaman Dalam Pot: Tanah yang digunakan sebaiknya adalah tanah yang berlumpur (mengandung kadar garam). Benih haruslah ditanam sedalam 5-6 cm. Kantong plastik yang digunakan sebaiknya berukuran sedang.

Penutupan: Dibutuhkan penutupan sebanyak 50%, bukalah penutup ini 1 bulan sebelum proses penanaman dilakukan.

Pengairan: jika memungkinkan aliran pasang alami, tetapi ditambah pula dengan penyiraman air guna menjaga kelembaban tanah sepanjang waktu.

Siap untuk ditanam: jika tinggi tanaman bibit telah mencapai lebih dari 30 cm, dan memiliki lebih dari dua pasang daun, pada umumnya berusia 4-5 bulan.

Letak pada garis pantai: sebaiknya diletakkan pada lokasi yang memiliki kadar garam rendah pada permukaan yang berlumpur lembek, dan diantara posisi air laut rata-rata serta rata-rata gelombang pasang yang tertinggi.

Jarak penanaman: sistem akar tegak membutuhkan ruang yang cukup sehingga jarak sebanyak 1 m x 2 m dan 2 m x 3 m adalah yang terbaik.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More