Jumat, 26 Agustus 2011

Bruguiera gymnorhiza

Gambaran umum: Bruguiera gymnorhiza memiliki akar setinggi lutut dan akar penyangga yang kecil, daunnya terjulur, ketinggian pohon dapat mencapai 30 m, memiliki bunga tunggal. Benihnya tebal dan sedikit memiliki rusuk, dengan panjang 20-30 cm.

Pengumpulan benih: Ketika benih yang ada telah matang dan siap untuk dipetik dari pohon warnanya berubah dari hijau muda kecoklatan menjadi hijau tua kecoklatan. Benih ini sebaiknya dipetik dari pohon tanpa melepaskan penutup calyx cap, panjang hipokotil pada umumnya akan mencapai lebih dari 20 cm.

Penyimpanan Benih: Dalam tempat yang teduh, dan dalam kondisi lembab selama maksimum 10 hari.

Teknik Penyebaran Benih dan Penanaman Dalam Pot: Tanah yang digunakan sebaiknya adalah campuran tanah yang mengandung lumpur, pasir dan mengandung kadar garam. Benih haruslah ditanam sedalam 5-6 cm. Kantong plastik yang digunakan sebaiknya berukuran sedang.

Penutupan: Dibutuhkan penutupan sebanyak 30%, bukalah penutup ini 1 bulan sebelum proses penanaman dilakukan.

Pengairan: jika memungkinkan aliran pasang alami, tetapi ditambah pula dengan penyiraman air guna menjaga kelembaban tanah sepanjang waktu.

Siap untuk ditanam: jika tinggi tanaman bibit telah mencapai lebih dari 35 cm, dan memiliki lebih dari tiga pasang daun, pada umumnya berusia 3-4 bulan.

Letak pada garis pantai: Terletak pada lokasi yang terkena dampak dari tinggi rata-rata serta memiliki jenis tanah campuran dari lumpur dan permukaan berpasir.

Jarak penanaman: 1 m x 2 m adalah yang terbaik.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More