Jumat, 26 Agustus 2011

Rhizophora mucronata








Gambaran umum: Rhizophora mucronata mudah dikenali melalui akarnya yang tegak dan Pengumpulan benih yang sangat panjang, berbagai bentuk daun yang menonjol, ketinggian pohon yang dapat mencapai 25 m. Memiliki bunga yang membentuk kelompok antara 4-8.

Pengumpulan benih: Ketika benih yang ada telah matang dan siap untuk dipetik dari pohon, maka batang berwarna kuning yang telah siap dipotong akan tampak dengan jelas – pada tahap ini panjang hipokotil mencapai lebih dari 50 cm.

Penyimpanan benih: Dalam tempat yang teduh dan dalam kondisi lembab selama maksimum 10 hari.

Teknik Penyebaran Benih dan Penanaman Dalam Pot: Tanah yang digunakan sebaiknya adalah tanah yang berlumpur (mengandung kadar garam). Benih haruslah ditanam sedalam 10 cm. Kantong plastik yang digunakan sebaiknya berukuran sedang hingga besar.

Penutupan: dibutuhkan penutupan sebanyak 50%, bukalah penutup ini 1 bulan sebelum proses penanaman dilakukan.

Pengairan: jika memungkinkan aliran pasang alami, tetapi ditambah pula dengan penyiraman air guna menjaga kelembaban tanah sepanjang waktu.

Siap untuk ditanam: bila tanaman bibit lebih tinggi dari 55 cm, dan terdapat lebih dari dua pasang daun, biasanya ketika berusia 4-5 bulan.

Letak pada garis pantai: sebaiknya diletakkan pada lokasi yang memiliki kadar garam rendah pada permukaan yang berlumpur lembek, dan diantara posisi air laut rata-rata serta rata-rata gelombang pasang yang tertinggi.

Jarak penanaman: sistem akar tegak membutuhkan ruang yang cukup sehingga jarak sebanyak 1 m x 2 m dan 2 m x 3 m adalah yang terbaik.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More