Senin, 08 Agustus 2011

LENIUSCULUS PACIFASTACUS


Ciri–Ciri Species Leniusculus Pacifastacus 
  • Anggota spesies ini panjangnya bisa sampai 15 cm.
  • Berwarna coklat-kebiruan sampai coklat kemerahan.
  • Memiliki cakar besar kuat dan halus.
  • Mereka memiliki cakar patch putih dekat engselnya.
  • Bentuknya seperti udang karang. 
  • Bersifat omnivora, walaupun makanan utamanya vegetarian.


Habitat

Leniusculus Pacifastacus umumnya lebih suka air dingin dengan arus atas dasar berbatu, tidak bersembunyi, mudah beradaptasi dan dapat ditemukan di berbagai habitat termasuk gunung pesisir, sungai, danau, waduk, dan air garam di delta sungai (Hogger 1988). Leniusculus Pacifastacus ditemukan di habitat lentic dan lotic.


Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan Leniusculus Pacifastacus dimulai dari mulut, kerongkong, lambung, usus, dan anus. Sisa metabolisme akan diekskresikan melalui sel api.


Sistem Pernapasan

Leniusculus Pacifastacus bernapas dengan insang yang melekat pada anggota tubuhnya dan sistem peredaran darah yang dimilikinya adalah sistem peredaran darah terbuka. O2 masuk dari air ke pembuluh insang, sedangkan CO2 berdifusi dengan arah berlawanan. O2 ini akan diedarkan ke seluruh tumbuh tanpa melalui pembuluh darah.

Reproduksi

Sekitar 200-400 telur diletakkan setelah kawin di musim gugur, dan dilakukan di bawah ekor betina sampai mereka siap untuk menetas musim semi berikutnya telur menetas menjadi remaja yang melewati tiga moults sebelum meninggalkan ibu mereka. Kematangan seksual dicapai setelah 2-3 tahun, dan masa hidup bisa sampai 20 tahun.
Gambar Leniusculus Pacifastacus




Referensi
http://pioneerschooldistrict.org/education/components/scrapbook/default.php?sectiondetailid=2211&linkid=nav-menu-container-4-4633

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More