Kamis, 15 September 2011

Gelombang Tsunami

1. Pengertian Gelombang Tsunami 

Pengertian tsunami adalah serangkaian gelombang yang terjadi ketika sekumpulan air yang besar, secara cepat berpindah tempat. Tsunami juga sering disangka sebagai gelombang air pasang. Ini karena saat mencapai daratan, gelombang ini memang lebih menyerupai air pasang yang tinggi daripada menyerupai ombak biasa yang mencapai pantai secara alami oleh tiupan angin. Karena itu untuk menghindari pemahaman yang salah, para ahli oseanografi sering menggunakan istilah gelombang laut seismik (seismic sea wave) untuk menyebut tsunami, yang secara ilmiah lebih akurat.

Sedangkan penjelasan lengkap tentang tsunami, Tsunami merupakan perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan laut tersebut bisa disebabkan antara lain oleh :
  • Gempa bumi yang berpusat di bawah laut,
  • Letusan gunung berapi bawah laut,
  • Longsor bawah laut,
  • Atau dapat juga karena hantaman meteor dari angkasa yang jatuh ke laut.
     
Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut di mana gelombang terjadi, dimana kecepatannya bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusak daerah pantai yang dilaluinya.


2. Daerah – Daerah Rawan Tsunami Di Indonesia

Sumatera Barat
Banda Aceh
Bandar Lampung
Sumatera Utara
Padang
Belawan
Jawa Barat
Banten
Jawa Tengah
Yogyakarta
Jawa Timur
Bali
Sulawesi Selatan
Kepulauan Halmahera
Siberut
Bengkulu
Simeulue
Nusa Tenggara Barat
Nusa Tenggara Timur
Yapen dan Fak-Fak (Papua)
Sulawesi Utara
Sulawesi Tengah
Maluku Utara
Maluku Selatan
Biak
Balikpapan (Kalimantan Timur)




3. Bencana Tsunami Di Jepang Tahun 2011

Dipicu akibat lempeng tektonik membentuk lipatan, memecah permukaan bumi saat bergeser satu sama lain. Dan letaknya yang berada tepat dipersimpangan tiga lempeng benua Eropa, Pasifik dan lempeng laut Philipina, yang secara perlahan-lahan bergeser satu sama lain, membentuk tekanan seismik dahsyat dengan kekuatan sangat ganas. Serta sejumlah gunung berapi dan parit samudera disekitar Cekungan Pasifik telah menggenggam Jepang menjadi wilayah Ring of Fire.

4. Dampak Tsunami :

Gempa dahsyat yang memicu gelombang tsunami di Jepang tidak hanya berimbas pada kehidupan manusia. Ribuan hewan termasuk hewan yang dilindungi di penangkaran hewan liar juga ikut menjadikorban. Dari sisi perdagangan misalnya, ekspor-impor Indonesia dengan Jepang bisa terganggu, padahal Jepang adalah salah satu mitra dagang terpenting Indonesia.

Salah satunya ekspor migas ke Jepang yang mencapai 33,11 persen dari total ekspor migas Indonesia. Sementara ekspor non migas mencapai 12,71 persen dari total ekspor non migas Indonesia. Dan menyebabkan bocornya reaktor PLTN di Fukushima.





Pustaka :

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More