Senin, 29 Agustus 2011

Anatomi dan Morfologi Copepoda




Klasifikasi

Kingdom:Animalia
Filum:Arthtropoda
Subfilum:Crustacea
Kelas:Maxillopoda
Subkelas:Copepoda
Superordo:Gymnoplea
Ordo:Calanoida



Copepods (berarti "kaki dayung") adalah kecil, udang-seperti krustasea yang berenang di laut, danau, dan kolam. Copepods sangat penting dalam jaringan makanan karena banyak binatang memakannya.Ada 10 perintah copepods dan lebih dari 4.500 spesies; beberapa pesanan bebas-berenang, tetapi banyak adalah parasit (ikan). Berenang bebas copepods bergerak melalui air pada gerakan tersentak-sentak dengan menggerakkan kaki mereka berenang.
Anatomi: Copepods memiliki exoskeleton yang keras, banyak kaki (digunakan untuk berenang dan mengumpulkan makanan), sebuah badan tersegmentasi, dan disambung pelengkap. Kebanyakan copepods berada di bawah 1 mm panjang, tetapi beberapa spesies laut lebih dari 1 / 4 inci (1 cm) lama. Meskipun mereka tidak memiliki mata majemuk, ini arthropoda memiliki satu mata sederhana di tengah-tengah kepala (kadang-kadang hanya hadir dalam tahap larva); mata sederhana ini hanya dapat membedakan antara terang dan gelap. Ada dua pasang antena; satu pasang panjang dan satu pasang pendek. Seperti semua Crustacea, meranggas copepods exoskeleton mereka saat mereka tumbuh.
                                                               

DIET
Copepods makan bakteri, diatom, dan lainnya kecil, organisme bersel tunggal di dalam air. Maxillae, antena maxillipeds dan mendorong makanan ke arah mandibula (rahang), yang memproses makanan.

PREDATOR
Free-berenang copepods adalah komponen zooplankton dan dimakan oleh banyak organisme, termasuk kerang, ikan dan larva ikan, cumi-cumi, laut burung, dan mamalia (seperti tulang insang ikan paus dan beberapa segel).

COPEPODA ANATOMI
Ukuran dan bentuk kaki dan antena adalah variabel (lihat gambar di bawah), tetapi bagian utama dari sebuah Copepoda adalah tubuh berbentuk torpedo (prosome), dengan ekor pendek di belakang (urosome). Antena pertama mereka seringkali sangat panjang dan digunakan untuk berenang dendeng cepat melalui air, sementara makan kaki pada tubuh biasanya digunakan untuk yang lebih lambat dan kurang bentuk gerakan yang tidak menentu - dan juga menciptakan arus air yang membawa makanan lewat mulut. Betina dari beberapa spesies membawa dua telur-kantung dekat ekor mereka (memperbesar gambar artikel Sapphirinia darwinii di bawah).



REFERENSI
Copepods: Marine Crustacea bahwa Fitoplankton dan Feed Makan Ikan.
                http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en%7Cid&u=http://marine-life.suite101.com/article.cfm/copepods&prev=/translate_s%3Fhl%3Did%26q%3Danatomi%2Bcopepoda%26sl%3Did%26tl%3Den&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhhL6qstz0CT_H33ofb511ZimzyDoA#ixzz0gtB4B838                        

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More